Tuesday, August 9, 2016

8 Perangkat Dasar yang Harus Dikuasai Jika Kamu Ingin Menjadi Ahli Jaringan

8 Perangkat Dasar yang Harus Dikuasai Jika Kamu Ingin Menjadi Ahli Jaringan


Hello sobat. Bagi kamu yang sedang belajar jaringan komputer, menjadi ahli tentu sangat didambakan. Terlebih jika kamu berniat menjadikan bidang ini tumpuan masa depan. Mempelajari dan menguasi kemampuan teknis jaringan menjadi syarat utama. Untuk mencapai level ini, diperlukan waktu dan usaha yang serius dari kamu.

Kabar baiknya, kami akan memberikan gambaran umum daftar perangkat yang menjadi dasar pembangunan sebuah jaringan komputer. Jadi, seumpama ditanyakan apa-apa saja yang diperlukan untuk membangun jaringan sederhana, kamu dapat dengan lancar menjawabnya. Selain itu, setelah menguasai pengetahuan pada tulisan ini, diharapkan kamu mampu mengembangkannya hingga mencapai level ahli jaringan yang terpercaya. Untuk itu, mari kita simak tulisan tentang perangkat dasar yang harus dikuasai jika kamu ingin menjadi ahli jaringan sebagai berikut.

Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

8 Perangkat Jaringan Komputer yang Harus Dikuasai


#1 Personal Komputer, Laptop, Tablet, Handphone


End Point

Personal Computer (PC Desktop), laptop, tablet, ataupun handphone adalah perangkat wajib yang harus kamu kuasai. Kamu harus lancar menggunakan komputer beserta aplikasinya. Kamu juga harus bisa menggunakan berbagai macam OS seperti Windows ataupun MacOS ataupun Linux. Selain itu, terdapat beberapa pengetahuan dasar yang harus kamu kuasai.

PC Desktop, laptop, tablet, handphone/smartphone adalah contoh access device. Sering pula disebut dengan access saja, atau end point. Tentu kamu harus mengetahui bagaimana menggunakan access device ini, beserta bagaimana mekanismenya dalam terhubung ke dalam jaringan komputer. Mekanisme ini bisa berupa koneksi menggunakan Network Card, Wifi, Bluetooth, kabel data, dan lain sebagainya. Paling tidak kamu harus familiar dengan masing-masing fitur ini.

#2 Network Card


Ethernet Card

Merupakan device yang menghubungkan PC kamu ke dalam jaringan komputer. Disebut juga Network Interface Card (NIC). Di dalam Network Card ini terdapat MAC Address yang merupakan identitas tunggal komputer kita. Cara menghubungkan Network Card dengan jaringan adalah dengan mencolokkan kabel LAN yang sudah terpasang dengan Konektor RJ45 ke dalam Network Card ini. Maka, komputer Anda sudah terhubung ke dalam jaringan.

#3 Konektor


RJ 45

Terdapat berbagai macam konektor yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Konektor yang paling populer adalah RJ45. Konektor merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan kabel dengan Network Card dan juga Switch/Router. Konektor yang paling populer adalah RJ45 yang digunakan untuk jaringan LAN sederhana dengan kabel CAT5. Jika kita ingin membangun sebuah backbone dengan kabel CAT6, atau sambungan kabel Fiber Optik, bukan konektor RJ45 lagi yang digunakan. Hal ini membutuhkan pembahasan tambahan selain yang ada di tulisan ini.

#4 Kabel


Cabling

Merupakan media penyambung antar end point dengan bridge/switch. Di dalam arsitektur jaringan, kabel menghubungkan PC dengan switch, atau Wifi dengan switch. Kabel merupakan media yang krusial, karena memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat daripada media penyambung sinyal yang lain seperti Wifi. Untuk koneksi LAN, digunakan kabel CAT5, sementara untuk backbone, digunakan kabel CAT6. Untuk Backbone yang lebih besar, digunakan kabel Coaxial dan juga kabel Fiber Optic.

Kegunaan lain dari kabel jaringan diantaranya adalah:
  1. menghubungkan kamera CCTV dengan switch/terminal 
  2. menghubungkan perangkat finger print dengan switch/reouter
  3. menghubungkan mesin fotokopi dengan switch/hub/PC 

#5 Wifi Hardware


Wifi Access Point

Wifi Hardware atau Wifi Adapter atau Wifi Access Point merupakan salah satu perangkat yang harus dikuasai fungsi dan cara kerjanya. Wifi bertugas menyebarkan sinyal internet dari sumber sinyal ke publik. Jangkauannya tergantung pada spesifikasi Wifi Aceess Point (AP) ini. Untuk menyambungkan Wifi AP ke dalam jaringan, digunakan kabel LAN. Salah satu hal yang harus kamu kuasai adalah cara reset wifi hardware dengan benar. Karena kasus ini seringkali ditemui oleh para administrator IT. Kamu juga perlu menguasai control panel dari alat ini untuk dapat melakukan setting dan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

#6 Switch, Hub


Switch

Switch berfungsi untuk mengorganisasi jaringan. Perangkat ini merupakan salah satu kunci infrastruktur jaringan komputer di dalam sebuah organisasi, karena melalui perangkat inilah sistem IT perusahaan dikontrol. Melalui switch, dilakukan organisasi terhadap bandwidth, speed, kuota, termasuk juga pengelolaan IP Address dari setiap end point. Contoh Switch yang paling populer adalah Cisco dan Mikrotik. Menguasai kedua brand switch ini, berarti sudah separuh jalan menjadi Ahli IT Jaringan.

#7 Router


Cisco Router

Sedikit berbeda dengan switch, Router berfungsi menghubungkan dua buah jaringan atau lebih yang berbeda domain. Router memiliki fungsi satu tingkat di atas switch, karena perangkat ini bertanggung jawab menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda. Misalnya, menghubungkan jaringan LAN rumah dengan jaringan Internet Service Provider. Atau misalnya, menghubungkan jaringan satu buah gedung dengan jaringan pada gedung yang lainnya.

#8 Server


Server

Server merupakan komputer yang berfungsi sebagai pusat data dan pusat organisasi jaringan komputer. Server merupakan nyawa dari sebuah jaringan komputer. Menguasai server mulai dari instalasi, konfigurasi, sampai pada perkembangan teknologi terbaru, merupakan syarat jika kamu ingin disegani oleh bawahan saat sudah menjadi ahli IT nanti. Kamu juga harus terus mengikuti perkembangan update spesifikasi server terbaru, disertai teknologi-teknologi terbarunya agar dapat disesuaikan dengan server-server kamu.

Baca juga: pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN

Itulah 8 perangkat jaringan komputer yang wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang ahli. Jika kamu mampu menguasai seluruhnya, dan mampu mengkombinasikan serta memahami cara kerjanya dalam sebuah jaringan, maka tinggal menunggu waktu sebelum kamu diangkat menjadi manajer IT.

Selanjutnya, akan dijelaskan pengetahuan tambahan tentang jaringan komputer. Pengetahuan ini bersifat sangat teknis dibandingkan penjelasan sebelumnya. Akan menjadi luar biasa jika kamu memahami dan menguasai cara penggunaan peralatan-peralatan ini, sehingga pengetahuan dan kemampuan kamu akan komplit sebagai calon manajer IT. Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membantu Membangun Jaringan


#1 Crimping Tool


Crimping Tool

Melakukan terminasi kabel LAN CAT5 ke dalam konektor RJ45. Alat ini merupakan satu paket dengan RJ45 dan juga kabel. Selain Crimping Tool jenis ini, terdapat crimping tool jenis lainnya yakni yang digunakan untuk terminasi kabel CAT6 dan juga kabel Coaxial.

#2 Tang Potong


Tang Potong

Digunakan untuk membantu memotong kabel. Digunakan pula untuk merapikan susunan kabel LAN sebelum melakukan crimping. Tang potong sangat berguna untuk mempercepat proses crimping.

#3 Cutter


Cutter

Digunakan untuk membelah kulit kabel CAT5 atau CAT6 atau kabel Coax. Dengan bantuan alat ini, proses pengelupasan kabel menjadi jauh lebih cepat dan rapi.

#4 Tester


LAN Tester

Merupakan alat bantu untuk memastikan kabel yang sudah kita crimping sudah terhubung dengan benar. Memastikan bahwa kabel yang kita gunakan memiliki kondisi yang baik, serta memastikan bahwa kita tidak melakukan kesalahan pada saat melakukan crimping.

#5 Obeng


Obeng Plus

Membantu sekali saat kita ingin memasang Switch, Wallmount Rack, Wifi Access Point, dan sebagainya. Tentu saja, obeng diperlukan di berbagai jeis pekerjaan, tidak terkecuali IT.

#6 Tangga


Tangga Alumunium

Sangat berguna untuk menjangkau bagian-bagian yang tinggi. Sangat membantu saat kita ingin memasang wallmount, switch, wifi access point, serta saat ingin membangun backbone jaringan dalam sebuah gedung.

#7 Palu


Palu

Digunakan untuk memaku. Alat wajib yang harus ada dalam membangun jaringan dari nol.

#8 Paku


Paku

Bahan wajib saat ingin membangun jaringan dari nol. Pasti ada bagian yang harus dipaku. Paku dan Palu, keduanya tidak dapat dipisahkan, dan sangat berguna.

#9 Ties


Tali Ties

Jangan lupakan tali ties, yang digunakan untuk merapikan kabel jaringan. Terlebih jika jaringan yang dibuat memiliki skala yang besar, maka dipastikan bahwa keberadaan Ties merupakan hal mutlak untuk menjamin kerapihan pekerjaan.

#10 Lem Bakar


Lem Bakar

Bahan ini juga digunakan untuk merapikan kabel. Terutama digunakan pada bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan bantuan klem atau tali ties. Maka digunakanlah lem bakar untuk merapikan kabel. Jangan lupa bahwa bahan ini harus digunakan dengan pistol lem tembak.

Belajar dasar-dasarnya: belajar jaringan komputer dari nol

Itulah beberapa peralatan tambahan yang perlu kamu kuasai. Tentu masih banyak bahan, peralatan, atau bahkan perangkat lainnya yang belum tercantum melalui tulisan ini. Namun paling tidak, tulisan ini memberikan poin-poin penting yang wajib.

Demikianlah tulisan tentang perangkat dasar yang harus dikuasai jika kamu ingin menjadi ahli jaringan. Semoga tulisan perangkat jaringan komputer beserta fungsinya ini dapat menjadi referensi untuk menguasai teknologi dan pengetahuan tentang infrastruktur IT. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Salam.

Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :