Wednesday, August 24, 2016

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog



Untuk membangun sebuah situs terkadang diperlukan nama domain yang tepat karena ini merupakan suatu hal yang penting.
Bagi seorang blogger pemula (seperti saya) yang belum lama menjadi blogger biasanya tidak begitu memikirkan secara mendetail saat pemilahan nama domain untuk membut websitenya.
Padahal kalau di pikir-pikir sih ada banyak hal penting yang harus diperhatkan dalam pemilihan nama domain.

Apa saja hal tersebut? disini saya akan memberikan tips dalam pemilihan nama domain untuk website kita.

1. Pakai domain berbayar

Nah, untuk ini untuk membuat sebuah website yang terlihat profesional domain yang berbayar adalah hal yang wajib, domain berbayar adalah domain TLD atau Top Level Domain contoh domain TLD adalah .com .net .org dan lain-lain. Sebaiknya pakailah domain bawaan seperti blogspot.com daripada memakai domain gratisan. Mengapa?
- Domain gratisan rentan terhadap hal-hal yang berbau spam
- Domain yang gratis itu sebenarnya gak sepenuhnya gratis, misalnya nantinya sobat bakal tidak bisa mengakses website tersebut atau hanya gratis ditahun pertama dan bisa juga kadang ada persyaratan yang tersembunyi.
- Terlihat profesional, tentunya jika sobat memiliki online shop gitu memakai domain TLD atau yang berbayar bisa lebih menyakinkan klien sobat.

2. Pilihlah domain yang berekstensi .COM

Saat sobat ingin membuat nama domain diusahakan untuk mencari domain yang berkstensi .COM. Mengapa harus diusahakan yang berekstensi .COM? Alasannya sih cukup simple, karena masih banyak orang awan yang masih bingung dengan domain selain .COM domain tersebutlah yang sangat populer dikalangan masyarakat awam
Kebanyakan orang yang masih awam tentang internet menganggap semua alamat website di internet belakangnya pakai .COM. Jadi supaya nantinya tidak buat orang awam bingung, ya pakailah domain berekstensi .COM.
Tapi jika sobat tidak menemukan nama domain yang cocok atau yang pas dengan ekstensi .COM ada pilihan keduanya kok yang yaitu domain berekstensi .NET, ektensi ini merupakan ektensi yang populer setelah .COM. tapi jika masih tidak menemukan kecocokan masih ada satu lagi nih yang populer yaitu pakelah domain Country Code Top-Lever Domain atau yang di singkat CCTLD 

Apakah yang dimaksud domain CCTLD? domain CCTLD adalah domain dengan ekstensi dari negara tertentu. Misalnya seperti ini :
.ID adalah Indonesia
.MY adalah Malaysia
.JP adalah Jepang
.BR adalah Brazil
.RU adalah Rusia
Dan yang lainnya.

3. Jangan pilih nama domain berdasarkan trend saat ini

Jadi misalnya sekarang yang lagi ngetrend tentang kamera yi trus sobat membuat domain dengan nama jualkamerayi.com. mengapa? karena nama kamera yi belum tentu akan populer dimasa mendatang. Tapi jika sobat semisal ingin menjual produk khusus kamera yi tersebut ya tak jadi masalah lah. Tapi untuk waktu jangka panjang jika sobat ingin menjual merk kamera lain bagimana? sangat tidak efektif bukan?

4. Buatlah nama domain yang unik

Menjadi hal yang penting juga poin ini, domain yang unik tentunya akan mudah diingat oleh pengunjung. Unik disini maksudnya domain yang mudah dibaca, dihafal, diketik dan diucapkan. Karena hal ini sangat membantu kita dalam hal promosi situs khusunya promosi web secara offline. Jadi jika ada teman meminta alamat domain kita, kita nggak usah ribet-ribet memberitahunya. Ini juga sangat menguntungkan bagi pemilik situs, nama domain yang unik tidak menutup kemungkinan si pengunjung bakal dateng lagi ke situs kita apalagi dengan konten-konten yang menarik.

Tips agar nama domain mudah diingat :
- Gunakan kata yang mudah dieja
- Pilihlah nama domain yang pendek
- Jangan pakai simbol-simbol
- Jangan pakai angka-angka

5. Jangan pakai merk dagang pada domain

Penggunaan merk dagang/trademark pada nama domain kita dapat mengakibatkan kita dituntut oleh perusahaan yang memiliki trademark tersebut. Contohnya sobat membuat nama domain myfacebook.com tidak mustahil facebook akan menghubungi sobat untu menuntut karena menggunakan trademarknya yaitu facebook.
Jadi sebaiknya cek terlebih dahulu sebelum mendaftarkan nama domain apakah nama domain yang sobat pilih terdapat trademarknya atau tidak.

6. Jangan pakai nama domain berbau sara

Karena hal ini tentunya akan menyebabkan dampak yang buruk pada situs sboat dan juga image sobat sendiri. Mesin pencari seperti Google biasanya berorientasi pada kata kunci, jila domain yang sboat buat mengandung kata-kata yang berbau SARA, maka hal ini dapat menyebabkan situs sobat diblacklist oleh Google dan tentunya akan menghambat trafik atau pengunjung di situs sobat.

Itulah 6 tips dalam pemilihan nama domain yang bisa sobat jadikan acuan sebelum memilih nama domain untuk website sobat. Terimakasih..






Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :