Monday, August 15, 2016

Siapa Bilang Belajar Jaringan Komputer dari Nol Susah Sudah Baca Ringkasan Ini

Siapa Bilang Belajar Jaringan Komputer dari Nol Susah Sudah Baca Ringkasan Ini


Apakah anda ingin belajar jaringan komputer dari Nol? Blog ini berisi beberapa tulisan tentang dasar-dasar jaringan komputer. Silakan menyimak blog ini terutama pada tag “Network, Security, Operating System, Network Security”. Tulisan ini sendiri akan menjelaskan tentang apa saja yang harus dipelajari dalam belajar jaringan komputer dari nol. Tulisan ini berisi list atau daftar materi-materi dalam memahami jaringan komputer dari basic. Mari kita simak satu-persatu.



Materi Wajib Belajar Jaringan Komputer dari Nol

Materi yang Wajib Dipelajari dalam belajar jaringan komputer dari nol diantaranya berupa daftar sebagai berikut:
  1. Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN
  2. Perangkat yang Dibutuhkan dalam Membangun Jaringan Komputer
  3. Membuat Jaringan LAN sederhana
  4. Membuat Koneksi peer-to-peer
  5. Pemahaman tentang IP Address
  6. Apa itu Internet
  7. Network Edge
  8. Network Core
  9. Delay, loss and throughput in packet-switched networks
  10. Protocol layers, service models
  11. Networks under attack: security
  12. History
  13. Pemahaman tentang OSI Layer
  14. Application Layer
  15. Transport Layer
  16. Network Layer
  17. Link Layer
Itu adalah list materi yang harus dipelajari dan dikuasai untuk menjadi seorang network expert. Tidak bisa kita pungkiri bahwa hingga saat ini, kebutuhan akan network expert masih sangat tinggi, terlebih jika melihat kebutuhan teknologi informasi yang terus meningkat hingga ke pelosok daerah. Dengan demikian, dengan menguasai ilmu ini, maka dapat dipastkan bahwa kita akan dicari dimana-mana. Walaupun kita belajar jaringan komputer dari nol, namun saat kita sudah menguasainya, maka kita pun akan diakui oleh lingkungan sekitar.

Ilmu Komputer Terus Berkembang

Ilmu Komputer Berkembang
Satu hal yang perlu kita ingat juga, adalah bahwa ilmu tentang jaringan komputer ini teruslah berkembang. Dasar-dasarnya adalah poin-poin yang telah saya sebutkan di atas. Namun untuk pengembangannya, tentu masih banyak ilmu lain yang harus dikuasai. Sehingga, belajar jaringan komputer dari Nol tidak hanya selesai sampai pada materi-materi di atas. Namun sebagai dasar pondasi pemahaman kita sebagai seorang computer scientist, tentu poin-poin di atas harus dikuasai.

Pentinganya Pemahaman Sejarah Jaringan Komputer

Poin penting lain adalah tentang sejarah atau history jaringan komputer ini. Berdasarkan sejarahnya, jaringan komputer berasal dari Amerika melalui proyek Arpanet yang terdapat pada institusi militer AS. Karena teknologi ini berasal dari AS, maka sudah sewajarnya istilah yang banyak digunakan adalah juga istilah-istilah berbahasa Inggris. Dengan demikian, hendaknya kita ikut menyesuaikan diri dengan Bahasa Inggris, bahkan alangkah lebih baik jika kita mampu menguasai, terutama untuk istilah-istilah komputer dan teknologi informasinya. Dengan demikian, belajar jaringan komputer dari Nol akan jauh lebih mudah jika kita sudah menguasai Bahasa inggris dengan baik.

Kesimpulan

Untuk memahami dan menguasai infrastruktur komputer, kita harus mempelajari jaringan komputer sejak dari sejarah, hingga perkembangan ilmu terkini. Setelah kita memahami dan menguasai jaringan komputer dari nol hingga level advanced, maka kita bisa disebut Expert dan akan dicari oleh banyak orang. Namun yang lebih penting dari sekedar dicari banyak orang adalah kita dapat lebih optimal dalam berkontribusi di tengah masyarakat, terutama melalui ilmu komputer tersebut.

Demikianlah tulisan analisis tentang belajar jaringan komputer dari nol. Semoga analisis ini dapat menjadi pedoman yang kuat bagi pembaca dan juga penulis dalam meningkatkan kemampuannya di bidang jaringan komputer, serta dapat menjadi langkah awal dalam belajar jaringan komputer dari Nol. Semoga tulisan belajar jaringan komputer dari nol ini bermanfaat bagi kita semua.

Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :