Wednesday, August 10, 2016

Pentingkah Sarapan di Pagi Hari

Pentingkah Sarapan di Pagi Hari


FajrInfo – Sudahkah hari ini kamu sarapan pagi? Ataukah kamu termasuk orang yang sering melewatkan menu sarapan setiap hari? Lalu jika demikian, seberapa pentingkah sarapan di pagi hari?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memiliki beberapa pembagian waktu makan untuk mendukung tubuh agar selalu siap dalam menjalankan rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Mulai dari makan pagi, makan siang, juga makan malam.


Pada dasarnya waktu-waktu tersebut merupakan suatu keharusan bagi tubuh kita untuk memperoleh asupan makanan yang cukup. Namun kenyataannya, pada saat-saat tertentu sering kali kita mengabaikan hal tersebut. Dari pembagian waktu untuk makan tersebut, manakah yang paling sering kamu lewatkan?


Sudah menjadi kebiasaan bahwa makan pagi atau yang biasa kita sebut dengan sarapan adalah waktu yang paling sering kita lewatkan untuk melakukannya. Yaitu dengan berbagai alasan tentunya, entah itu karena kesibukan, karena takut gemuk, karena terburu-buru atau mungkin karena memang sedang malas makan.


Pentingkah Sarapan di Pagi Hari?

Perlu kamu ketahui, bahwa sebenarnya sarapan merupakan hal yang sangat penting dalam keseharian kita.


Sebab, sarapan merupakan asupan makanan yang pertama kita konsumsi selama tubuh kita tertidur sejak malam hingga terbangun kembali di pagi hari. Selama tidur, tubuh kita tidak memperoleh asupan gizi dari makanan, sehingga hal ini berpengaruh terhadap kinerja pada otak kita.


Ketika sarapan, makanan yang kita makan akan diolah untuk memberikan asupan nutrisi pada otak. Kemudian setelah itu, otak akan merespon bahwa tubuh kita siap untuk melakukan aktivitas seperti biasa dengan membangunkan sistem tubuh dan memulai metabolismenya untuk menghadapi berbagai aktivitas dalam kegiatan sehari-hari.


Namun apabila tidak sarapan, otak tidak dapat mengetahui bahwa tubuh kita sudah siap untuk memulai aktivitas. Akhirnya hal tersebut berpengaruh pada proses metabolisme tubuh, sehingga akan menyebabkan tidak efisiennya proses pembakaran kalori dalam tubuh.


Apakah dengan sarapan kamu takut gemuk? Asal kamu tahu, dengan kamu tidak sarapan justru akan mempermudah penggemukan dalam tubuh. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Nah ketika kamu tidak sarapan di pagi hari, maka tubuh akan semakin lapar. Dengan keadaan perut yang kosong sejak pagi hari, hal tersebut akan terus berlanjut hingga siang hari tiba. Ketika kamu hendak makan pada siang harinya, sudah tentu kamu akan cenderung banyak menghabiskan porsi makanan pada saat itu.


Perut akan lebih cenderung menjadi cepat lapar, sehingga perut akan menuntut kamu untuk lebih cepat memakan makan siang dari waktu biasanya. Hal ini juga pasti akan mempengaruhi mood dan kinerja kamu selama beraktivitas.


Tidak bisa dipungkiri, tidak ada orang yang dapat melakukan pekerjaan secara maksimal dalam keadaan perut dan otak yang belum siap untuk menjalankan kegiatan rutin. Kamu akan kehilangan semangat dan energi yang dibutuhkan untuk menghadapi hari-harimu yang sangat berarti.


Maka soal pada artikel Pentingkah Sarapan di Pagi Hari? Ini jawabannya adalah sangat penting. Sebab sebelum beraktivitas, jangan sampai kita melewatkan makan pagi dengan sarapan setiap hari. Karena sarapan di pagi hari merupakan modal kita untuk tetap selalu semangat dan optimis dalam mengarungi rutinitas yang akan kita hadapi. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :