Thursday, August 11, 2016

Mengenal Beberapa Layanan Internet Produk Google

Mengenal Beberapa Layanan Internet Produk Google


FajrInfo – Selama ini, Google yang kita ketahui adalah sebagai mesin pencari yang dapat membantu kita dalam melakukan berbagai macam aktifitas di internet. Sehingga ketika mendengar atau membaca kata “Google”, yang terbersit dalam pikiran kita adalah layanan pencarian di internet. Mau mencari artikel tentang apapun lebih mudah melalui pencarian google.

Pada dasarnya, opini masyarakat Indonesia mengenai Google memang benar begitu. Namun tahukah kamu bahwa Google juga memiliki layanan lain yang tidak kalah canggihnya dengan Google Search Engine (Mesin Pencari Google) yang biasa kita gunakan untuk berselancar di internet? Pada kesempatan ini FajrInfo akan sedikit menjelaskannya agar dapat mengenal beberapa layanan internet produk Google lainnya.
Mengenal Beberapa Layanan Internet Produk Google
Google Mail
Google Mail adalah layanan surat elektronik (email) besutan Google. Dari akun email tersebut dapat digunakan untuk layanan lainnya ditandai dengan adanya slogan yang berbunyi “Satu Akun Google untuk semua produk Google”. Artinya, jika kamu punya akun Gmail maka kamu sudah memiliki akses ke layanan buatan Google lainnya, seperti; Gmail, Maps, Youtube, Drive, Picasa, Playstore, Chrome, Blogger dan lainnya. Untuk pembahasan mengenai Gmail yang lebih terperinci, silahkan baca artikel tentang Gmail, layanan email terbaik masa kini.

Youtube
Youtube adalah sebuah situs berbagi video milik Google. Situs ini merupakan situs berbagi video terbesar dan yang paling banyak penggunanya. Google memberikan fasilitas kepada pengguna Youtube agar dapat mengunggah, menonton, juga berbagi video. Banyak kisah dan cerita yang menjadi sejarah seseorang dapat diuntungkan oleh layanan berbagi video ini.

Blogger
Pada awalanya blogger.com dimiliki oleh Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh raksasa internet Google. Layanan ini merupakan pelopor dari media blog yang mewadahi para penulis blog untuk menuangkan segala pemikiran atau karya-karyanya yang dapat dipublikasikan. Sehingga dapat diketahui oleh banyak orang yang membutuhkan artikel tertentu dengan keperluannya.

Google Drive
Google Drive adalah layanan file sharing berbasis awan atau Cloud. Dengan Drive, kita dapat menyimpan, mengunduh dan membagikan file yang tersimpan kapan saja dan dimana saja, ibarat kita mempunya harddisk eksternal di internet. Meskipun tergolong layanan Cloud gratis, Google memberikan kapasitas yang lumayan besar karena membekali pengguna dengan penyimpanan standar sebesar 15 GB dan dapat ditingkatkan lagi sebesar 100 GB dengan berlangganan setiap bulannya.

Google Adsense
Google Adsense adalah suatu program periklanan milik Google melalui situs website atau blog yang telah menjadi anggota Google Adsense. Biasanya program ini dijadikan sebagai pendapatan tambahan oleh para blogger.

Google Maps
Google Maps adalah layanan pemetaan yang dikembangkan oleh Google. Pada produk ini dapat membantu kita untuk menampilkan citra satelit, peta jalan, kondisi lalu lintas, juga dapat membantu kita untuk memberitahukan rute perjalanan saat bepergian dengan berjalan kaki, menggunakan mobil, sepeda bahkan angkutan umum. Layanan ini menjadi lebih mudah digunakan dengan dikembangkannya Maps berbasis aplikasi smartphone.

Google Plus
Google+ atau biasa dibaca "Google Plus" merupakan layanan sosial media buatan Google yang memberikan pengalaman menarik dan berbeda dari jejaring sosial lainnya. Google Plus ini dibekali dengan banyak fitur yang telah terintegrasi dengan layanan milik Google lainnya sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengekpresikan dirinya secara maksimal. Tentunya hal tersebut tidak akan ditemukan pada layanan sosial media lainnya.

Google Playstore
Google Play Store adalah layanan konten digital yang merupakan toko daring (online) dari beberapa jenis produk, seperti; aplikasi, permainan, buku, lagu/musik. Layanan ini biasanya terdapat pada perangkat-perangkat bersistem operasi Android. Akan tetapi terdapat juga pada sistem operasi Google TV. Program ini adalah pengganti dari program Android Market.

Google Docs
Google Docs merupakan layanan pengolah kata atau presentasi. Layanan ini serupa dengan program Microsoft Office Word, PowerPoint juga Excel. Namun perbedaannya pada Google Docs ini berbasis web dan online. Sehingga untuk menunjang kemampuan layanannya pada kebutuhan pengguna, Google memberi ruang penyimpanan Cloud sebesar 1 GB secara gratis.

Google Translate
Sesuai dengan namanya, Google Translate (Terjemahan) merupakan layanan yang disediakan Google untuk menerjemahkan teks baik berupa halaman web maupun berupa gambar. Kemampuannya selalu dikembangkan oleh Google hingga pencapaiannya seperti sekarang ini. Jika kamu mengakses suatu halaman website yang konten di dalamnya tidak kamu pahami bahasanya, kamu dapat menggunakan layanan Google yang satu ini.

Demikian pembahasan kita untuk mengenal beberapa layanan internet produk Google yang memang tidak semua dibahas pada kesempatan kali ini. Informasi yang FajrInfo berikan ini berdasarkan tingkat kepopuleran layanan-layanan internet yang dikembangkan oleh Google. Untuk pembahasan lebih terperincinya dari masing-masing layanan, Insya Allah akan FajrInfo sampaikan di lain kesempatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :