Wednesday, August 3, 2016

Cara Memperbaiki Boot Loader Pada Linux

Cara Memperbaiki Boot Loader Pada Linux


Linux

Introduction

Di tulisan ini, saya ingin menjelaskan tentang cara memperbaiki boot loader pada linux. Mungkin sudah banyak tulisan lain tentang cara memperbaiki boot loader pada linux, namun paling tidak ini bisa menjadi referensi pribadi saya. Mohon maaf jika tulisan ini ada yang salah dari tema tentang cara memperbaiki booat loader pada linux.

Well, kawan, sebagai pemula, saya baru dapet ilmu untuk cara memperbaiki boot loader di Linux. Saat saya pertama kali mencoba Linux, saya sering nyoba-nyoba balik ke windows. Maklum, pemula. Nah, suatu hari, setelah Suse 10.3 terpasang apik di notebook-ku, hati ini menginginkan Xp balik. Al hasil, saya install Xp di partisi yang lain. Tapi sayang, jadinya Suse-ku tertiban Xp. Hu2..

Setelah bertanya-tanya kian kemari, akhirnya..ketemu juga. Meskipun ga sepenuhnya saya kerjakan sendirian, dan meskipun baru dikit-dikit, at least, namanya ilmu jangan sampe kebuanglah.. he2..semoga membantu.. Inilah langkah-langkah cara memberbaiki boot loader pada linux:

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Boot Loader Pada Linux: (Cara 1)

  1. Boot komputermu lewat CD linux yang kamu punya
  2. Pilih rescue system
  3. Login sebagai root
  4. Ketik "cfdisk". "Cfdisk" digunakan untuk mengatur organisasi hardisk di komputer kita.
  5. Nah, ketika sampai di sini, pilih partisi disk kita yang kita install Linux
  6. Lalu, ganti kondisinya menjadi bootable
  7. Selesai.

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Boot Loader Pada Linux: (Cara 2)

Jika cara di atas belum berhasil, hendaknya kita mencoba cara lainnya. Cara berikutnya yang ingin saya share adalah cara memperbaiki boot loader pada Linux dengan cara memperbaiki GRUB di Linux. Bagaimana cara memperbaiki GRUB Linux? Untuk memperbaiki GRUB Linux, silakan lihat beberapa Link berikut:
  • Link 1
  • Link 2
  • Link 3

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Boot Loader Pada Linux: (Cara 3)

Jika semua cara di atas masih belum berhasil sebagai cara memperbaiki boot loader pada linux, kemungkinan linux yang diinstall belum punya GRUB. Jadi, cara ketiga sebagai cara memperbaiki boot loader pada linux adalah dengan menginstall GRUB pada Linux. Untuk cara menginstall GRUB, silakan lihat beberapa Link berikut:
  • Link 1
  • Link 2
  • Link 3

=========================================================================
Demikianlah tulisan mengenai cara memperbaiki boot loader pada Linux. Jika tulisan ini dirasa kurang, silakan memberikan komentar yang membangun. Saya akui memang tulisan ini kurang bagus dibandingkan dengan tulisan yang lainnya. Namun saya akan mencoba memperbaikinya kembali dengan kualitas tulisan yang lebih bagus lagi. Semoga tulisan tentang cara memperbaiki boot loader pada linux ini dapat memberikan manfaat walaupun sedikit. Jika ingin mengetahui informasi tentang cara memperbaiki boot loader pada linux secara lebih lengkap, silakan buka tautan berikut di sini


Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :