Sunday, July 31, 2016

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Ngorok

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Ngorok


Pernahkah kamu merasa tidak nyaman ketika tidur bersama teman-teman karena salah satu dari mereka ada yang ngorok ketika sedang tidur? Hal tersebut pasti sangat menjengkelkan karena menyebabkan tidur kita terganggu dan menjadi tidak sempurna. Bagaimana mengatasinya? Kali ini FajrInfo akan membagikan tips cara untuk mengatasi kebiasaan tidur ngorok.


Mendengkur atau biasa disebut ngorok adalah suara yang ditimbulkan oleh jaringan yang bergetar pada bagian atas saluran udara (pernapasan) yang menyempit ketika seseorang sedang tidur. Kebiasaan ngorok dapat terjadi kepada siapa saja, pria maupun wanita, dan pada semua jenjang usia manusia, yakni anak-anak hingga dewasa. Seiring bertambahnya usia, maka kebiasaan mendengkur akan semakin meningkat.


Orang yang biasa tidur mendengkur ada kemungkinan akan menjadi orang yang pelupa, juga dapat berakibat pada penurunan konsentrasi, mudah mengantuk, sangat mudah tersinggung hingga sakit pada bagian kepala yang berkepanjangan. Meskipun resiko dari mendengkur tersebut tidak dialami setiap orang, namun tidak ada salahnya jika kita mencegahnya karena lebih baik dari pada mengobati.


Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Ngorok

Maka dari itu, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tidur ngorok (mendengkur) yang paling sering kita jumpai, yaitu sebagai berikut:


1. Tidur terlentang

Dengkuran dapat terjadi ketika seseorang tidur dalam posisi terlentang. Tidur posisi ini, mulut akan lebih cenderung terbuka dan dengan begitu secara alamiah lidah akan terdorong ke belakang hingga mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan, dan pada akhirnya proses tersebut menghasilkan suara dengkuran yang tidak dapat dielakkan. Bagaimana solusinya? Jika memang terjadi demikian, maka cobalah kamu untuk merubah posisi tidur menjadi miring.


2. Kebiasaan merokok

Secara umum merokok dapat berpengaruh pada kesehatan paru-paru penikmatnya. Tahukah kamu, selain paru-paru menjadi tidak sehat, kebiasaan merokok dapat memicu terjadinya peradangan pada saluran pernapasan dan tenggorokan. Hal tersebut yang menyebabkan tidur mendengkur karena terdapat masalah pada saluran udara pada tubuh. Bagi yang biasa merokok, ada baiknya selalu berusaha untuk mengurangi kebiasaan tersebut jika tidak ingin tidur ngorok dan mengganggu orang di sekitar kamu demi kualitas tidur yang lebih baik dan sempurna.


3. Gangguan hidung

Orang yang alergi terhadap sesuatu, besar kemungkinan akan mengalami tidur mendengkur. Atau bisa juga akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah ditambah oleh perubahan cuaca yang tidak menentu. Untuk keadaan seperti ini alangkah lebih baiknya segera konsultasikan dengan dokter.


4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan merupakan suatu momok yang sangat menakutkan saat ini. Sebab konsekuensi dari berat badan yang berlebih akan menyebabkan mudah terserang berbagai macam penyakit. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa orang yang memiliki badan gemuk biasanya memiliki kebiasaan mendengkur. Sebab orang gemuk lebih sulit untuk bernapas oleh karena saluran dan organ pernapasan tertutupi oleh lemak dalam jumlah banyak. Solusinya bagaimana? Ya pastinya jangan terlalu banyak makan dan harus melakukan pola makan yang teratur dan yang memiliki banyak serat.


Demikian yang dapat FajrInfo bagikan mengenai cara untuk mengatasi kebiasaan tidur ngorok. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Get

download
alternative link download

renata

About renata

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :